Makanan khas daerah kalimantan selatan

Hai Kawan,

Siapa sih yang tidak mau makan, tentunya tidak ada donk. Seperti yang kita ketahui setiap orang pasti perlu makan, dan dari sebagian orang nyatanya punya makanan favorit masing masing kan..?

Kalo Kawan sendiri punya makanan favorit..??

Nanti deh itu kita bahas setelah kita mengetahui makanan khas 5 daerah diKalimantan Selatan.

Yang pertama kita akan membahas yaitu makanan khas dari daerah :

1. Banjarmasin

Nah Kawan , banjarmasin ini bisa dinamakan kota yang memiliki populasi paling banyak dan sering juga dikunjungi oleh kebanyakan penduduk yang ada di kalimantan selatan, mungkin karena letaknya yang strategis yang banyak dilalui setiap orang yang melakukan kegiatan mudik.

a.) Soto Banjar, duhhh dari nama soto aja sudah kebayang ya itu sensasi menghirup kuahnya, soto banjar disini memliki aroma dan rasa yang khas dan pekat ,kuah nya juga lebih keruh dibanding soto daerah lain.

Nah Kawan, rasanya tidak lengkap kalo mampir kebanjarmasin tanpa memburu kuliner khas yang satu ini.

Foto gotravelly

b.) Nasi itik Gambut, dikutip dari Keluyuran nasi itik gambut merupakan nasi putih dengan lauk itik yang dimasak sepeti rendang, kemudian nasi dan lauk ini akan dibungkus dengan daun pisang.

Nah Kawan ga kebayang kan betapa sedap rasanya nasi ditambah lauk itik yang dimasak seperti rendang, jadi ngiler nih ingin coba makanan ini.

Foto by Keluyuran

2. Martapura

Martapura atau dikenal dengan julukan kota intan ini juga tidak kalah oke kalau masalah makanan, disini selain makanan juga banyak ragam kuliner yang khas loh.

Tapi untuk pembahasan kali ini kita akan bahas makanan dulu ya..

a). Kelelepon,ini adalah salah satu makanan yang paling enak kalo dimakan saat waktu santai anda, makanan ini juga banyak dijual dipasar pasar martapura sebagai jajanan terlaris dan mendapat julukan makanan ” pecah di lidah “

Foto cookpad

3. Batulicin

Batulicin adalah daerah yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan. Jadi, tidak heran kalau hasil laut didaerah ini sangat berlimpah.

Nyatanya berbagai macam jenis ikan laut dipasaran banyak dikirim didaerah ini. Nah masih seputaran dengan ikan, kita akan membahas makanan didaerah ini yaitu

a.) Amplang ikan, makanan ini banyak digemari terutama para wisatawan dari luar daerah , bahkan amplang juga menjadi oleh-oleh para pengunjung ketika berada dibatulicin.

Foto UKM tanbu

Dibuat dari bahan utama ikan tenggiri, tekstur dari amplang ini sangat renyah dan mempunyai aroma yang khas. Hmmm, jadi pengen coba nih.

b.) Sokko Tumbu, dikutip dari situs faizale.com adalah makanan yang menjadi jamuan pada saat Hari Lebaran Idul Fitri, makanan yang dibuat dari ketan dan dimasak menggunakan bungkus daun ini menjadi makanan wajib bagi suku bugis dan keturunannya. Bagi para penduduk yang masih memegang erat adat istiadat, Sokko Tumbu selalu disediakan saat ada yang bersilaturahmi kerumah.

Foto Hesti’s Kitchen

4. Amuntai

Salah satu kota yang berada di Daerah kabupaten Hulu Sungai Utara, Amuntai memiliki budaya Banjar yang ada dikehidupan sehari hari seperti kesenian, tarian , dan pakaian.

Ikon “itik Alabio” menjadi ciri khas kota ini dan juga berhubungan dengan makanan khas yang kita bahas.

a.) Itik Panggang, sesuai dengan ikon yang ada dikota Amuntai, itik panggang adalah salah satu makanan khas disini,

Biasanya itik panggang disajikan bersama dengan semangkuk sup.

Wah, kebayang dong aroma dan rasa sup dan aroma panggan.

Foto masakandapurku

5. Barabai

Apam Barabai, jika mendengar kata itu pasti terbesit adalah kota Barabai , karena Apam barabai adalah salah satu ciri dan makanan khas dari kota ini.

Tidak berada jauh dari kota Amuntai , barabai memiliki beberapa makanan khas

a.) Apam Barabai, makanan yang sangat banyak dijumpai didaerah ini khususnya dipasar pasar, menjadi salah satu ikon makanan dibarabai.

Foto KSMtour
Dibuat dari tepung beras dan gula merah,disajikan dengan daun pisang. Memiliki rasa yang khas, Apam Barabai sering menjadi Oleh-oleh pengunjung kota Barabai.

Nah Kawan, jika mampir dikota Barabai jangan lupa membeli Apam Barabai.

b.) Pakasam / iwak wadi merupakan ikan yang sudah diawetkan dengan campuran garam serta samu atau beras yang sudah disangrai, sehingga menjadikan pakasam berasa keasin-asinan.

Foto reseplarismanis

Pakasam ini cocok untuk yang selera makannya kurang, dengan mencoba makan dengan lauk pakasam mungkin bisa jadi solusi penambah nafsu makannya.

Nah Kawan semua, itulah beberapa makanan khas yang ada didaerah Kalimantan Selatan.

Jika Kawan melakukan perjalanan, dan melewati salah satu kota tersebut, mampirlah dan bawalah oleh-oleh untuk keluarga.

#makanan_khas

#kalimantan_selatan

#kuliner

#kuliner_daerah

Iklan

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda di WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: